STANDAR
PELAYANAN PUBLIK
LABORATORIUM PHP TEMANGGUNG
1. Bantuan Sarana Pengendalian OPT
a. Persyaratan Layanan
- Permohonan bantuan diajukan dari Dinas Pertanian kabupaten
- Lampiran berupa Rekomendasi dari Petugas Pengendali OPT (POPT) wilayah
bersangkutan, diketahui oleh petugas Penyuluh Lapang (PPL) dan Mantri Tani
- Ada jadual rencana pelaksanaan gerakan massal
- Diajukan kepada pimpinan Laboratorium untuk disetujui
b. Prosedur Layanan
- Pemohon datang ke Laboratorium PHP Temanggung dengan membawa persyaratan
yang ditentukan
- Pemohon menunggu proses layanan….
c. Waktu Penyelesaian
- Permohonan bantuan dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari
d. Biaya
- Tidak dipungut biaya
e. Produk
- Bahan pengendali OPT
2. Klinik Tanaman
a. Persyaratan Layanan
- Pelanggan berasal dari kalangan petani, petugas bidang pertanian dan
masyarakat umum
- Mau menginformasikan identitas diri dan dicatat dalam data pelanggan
- Mengikuti prosedur
yang berlaku dalam layanan klinik tanaman
- Pelanggan datang
harus membawa sampel tanaman yang hendak diperiksa
- Sampel harus dalam
keadaan segar
b. Prosedur Layanan

c. Waktu Penyelesaian
- 1 s/d 5 hari kerja, dengan catatan sebegai berikut :
· Pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari kerja apabila pemeriksaan
sampel dapat dilaksanakan langsung
· Penyelesaian dalam waktu s/d 5 hari kerja apabila pemeriksaan membutuhkan
tindakan pembiakan jasad penyebab penyakit di laboratorium
d. Biaya
- Tidak dipungut biaya
e. Produk
- Jasa layanan berupa saran / rekomendasi pengendalian OPT
f. Mekanisme pengaduan ( dapat dilihat di pada mekanisme Pengaduan
pada halaman di bawah)
3. Magang / pelatihan
a. Persyaratan Layanan
- Pelanggan adalah kalangan petugas bidang pertanian, petani, siswa SMU,
Mahasiswa atau kelompok masyarakat umum
- Ada surat permohonan magang / pelatihan / studi banding / praktek lapang
kepada Pimpinan Laboratorium PHP Temanggung
b. Prosedur Layanan
- Pelanggan mengajukan permohonan magang / pelatihan / studi banding /
praktek lapang kepada Pimpinan Laboratorium PHP Temanggung
- Pelanggan menunggu konfirmasi (balasan) terkait diterima atau tidaknya
permohonan dan waktu pelaksanaan
- Pelanggan datang ke Laboratorium setelah menerima konfirmasi melalui sms
atau surat
- Pelanggan melaksanakan magang / pelatihan / studi banding / praktek lapang
dan mendapat pendampingan dari petugas pelaksana pelayanan
c. Waktu Penyelesaian
- 1 s/d 3 hari kerja
d. Biaya
- Tidak dipungut biaya administrasi
- Biaya – biaya terkait dengan bahan praktek dan akomodasi selama pelatihan
ditanggung sendiri oleh pelanggan
e. Produk
- Pengetahuan tentang OPT pangan dan hortikultura
- Ketrampilan tentang pengendalian OPT berprinsip PHT
- Ketrampilan tentang pengembangan teknologi pengendalian OPT ramah
lingkungan
f. Mekanisme pengaduan ( dapat dilihat di pada
mekanisme Pengaduan pada halaman di bawah)
4. Rekomendasi Pengendalian OPT
a. Persyaratan Layanan
- Pelanggan adalah petani/kelompok tani atau pelaku usaha bidang pertanian
- Melakukan konsultasi di Laboratorium PHP Temanggung
- Mengikuti prosedur yang berlaku
b. Prosedur Layanan
- Prosedur layanan Rekomendasi Pengendalian OPT terkait dengan Pelayanan
Klinik Tanaman
- Pelanggan mengajukan permohonan konsultasi ke Laboratorium PHP Temanggung
(mengisi formulir yang tersedia),
- Pelanggan menyetujui persyaratan yang ada
- Pelanggan melakukan wawancara dengan petugas pelaksana layanan terkait
permasalahan OPT yang ada (sesuai dengan prosedur pelayanan klinik tanaman)
- Pelanggan menunggu hasil analisa OPT yang menjadi permasalahan
- Pelanggan menerima hasil rekomendasi pengendalian OPT dari petugas
pelaksana
c. Waktu Penyelesaian
- 1 s/d 5 hari kerja, dengan catatan sebagai berikut :
· Pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari kerja apabila analisa OPT
dapat langsung dilakukan
· Penyelesaian dalam waktu s/d 5 hari kerja apabila dalam analisa membutuhkan
tindakan pemeriksaan di laboratorium
d. Biaya
- Tidak dipungut biaya
e. Produk
- Saran / rekomendasi teknologi pengendalian OPT berprinsip Pengendalian Hama
Terpadu (PHT)
f. Mekanisme pengaduan
MEKANISME PENGADUAN
1. Pengguna
Layanan secara langsung menyampaikan keluhan/aduan kepada petugas di Kantor
Lab. PHP Temanggung atas nama :
a. Tri
Wahyuni, SP ( Layanan Rekomendasi Pengendalian OPT)
b. Hagni
Aratri, SP, MSi ( Layanan Magang atau Pelatihan)
c. Taufiq
Shaleh ( Layanan Bantuan Pengendalian OPT)
d. Miftahudin
( Pelayanan Klinik Tanaman)
2. Pengguna
Layanan mengirim surat ke Laboratorium PHP Temanggung Jl Raya Kedu Tromol Pos 1
Temanggung 56252,
3. Melalui
Kotak aduan yang sudah di sediakan di Kantor Layanan
4. Atau
melalui SMS ke Nomor 081328092248, ( Bapak Miftahudin) , 081328732657 ( Ibu Tri
Wahyuni) atau di Nomor Kantor 0293-4902370
5. Aduan
yang masuk akan di inventarisir dan di Petakan Kepada layanan Siapa dan kemana
aduan tersebut di sampaikan
6. Memberikan
Jawaban secara langsung atas aduan dan memperbaiki layanan jika secara singkat
dapat diperbaiki mengenai proses layanan yang belum baik dan atau secara
tertulis, jika adauan disampaikan melalui surat
7. Jika
aduan kurang atau tidak tepat maka aduan akan di tolak dengan memberikan alasan
sesuai kondisi nyata yang ada.
8. Kesalahan
Layanan yang diakibatkan oleh Kesalahan Petugas, maka pimpinan akan memberian
teguran dan sangsi sesuai dengan tingkat kesalahan dan prosedur yang berlaku.
9. Semua
Aduan dan keluhan pengguna layanan akan di respon baik secara tertulis ataupun
lisan
Assalamualaikum...
BalasHapusKulonuwun
Nderek mlipir, ngintip informasi
# maya..